Kamis, 02 Oktober 2014

about Bima


Bima termaksud daerah yang longgar penduduknya karena lahan tanahnya lebih luas dibanding jumlah penduduknya. Dengan luasnya lahan ini banyak penduduk memanfaatkannya untuk lahan pertanian sehingga penduduk daerah bima di dominasi oleh petani. Namun suhu di daerah bima lebih panas dari malang yang saya tempati sekarang, dengan suhu yang panas itu hanya cocok di tanami oleh tanaman tertentu seperti, jagung, bawang, padi, kadalei, dan sayur-sayuran.
Ciri khas makanan bima adalah ARUNGGINA, dimana makanan ini selalu di sajikan di setiap acara berupa, syukuran, lamaran, sunatan dan lain sebagainya. ARUNGGINA sebanarnya sangat mudah untuk di buat dan bahannya pula sangat mudah di dapatkan yaitu bahan dasarnya hanya beras jenis ketan, dan cara membuatnya yaitu di masak setengah matang kemudian di cetak sesui keinginan dan di jemur di sinar matahari dan terakhir di goreng.
Ciri khas derah bima lainnya adalah SAREMPU MPIDA yaitu hanya digunakan oleh kaum hawa dan bentuk penggunaannya sangat unik dimana hanya dua bola mata saja yang bisa terlihat. Alat untuk SEREMPU MPIDA sendiri adalah tembe nggoli yang dimana tembe nggoli juga berasal dari bima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar